Belajar PHP : Modularitas Program dengan Fungsi Inlcude() atau Require() Menggunakan PHP

Modularitas Program dengan Fungsi Inlcude() atau Require() Menggunakan PHP - Selang beberapa  hari saya jarang post di blog. Kali ini saya ingin share ke sobat angkringan semua tentang fungsi include dan require dengan menggunakan PHP. Apa sih itu include / require? dan Apa manfaat dari Fungsi ini? Secara umum fungsi include dan require merupakan sebuah fungsi dalam PHP yang memungkinkan kita menyisipkan isi dari file didalam file tertentu. Dalam implemetasinya tentu fungsi ini sangat berguna dalam memodularitaskan sebuah program yang kita kembangkan. Maksud dari modularitas adalah sebuah program yang dipecah menjad bagian-bagian kecil. Dengan menggunakan fungsi include atau require program yang kita buat akan jauh lebih efektif dan mudah untuk di modifikasi. Sebenarnya konsep modularitas sudah saya gunakan di dalam program CRUD sederhana pada postingan saya sebelumnya (baca disini : PHP CRUD (Create, Read, Update, Delete) Tutorial).

Saya akan berikan contoh bagaimana cara penggunaan fungsi include dan require dalam memodularitaskan sebuah program. Dalam contoh saya akan mecoba membuat sebuah menu sederhana yang menerapkan modularitas. Berikut Script contohnya. Silahkan sobat untuk mencoba menuliskan kode yang sajikan, agar sobat mengerti bagaimana modularitas itu berjalan :

index.php
 
<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
 <meta charset="UTF-8">
 <title>Latihan modul</title>
</head>
<body>
 <table border="1" align="center">
   <tr>
    <td width="900" height="200"></td>
   </tr>
   <tr>
    <td>
     <a href="?ref=content1">Content 1</a> | <a href="?ref=content2">Content 2</a>
    </td>
   </tr>
   <tr>
    <td height="500" align="center">
     
     <!-- isi dari kontent -->

    </td>
   </tr>
   <tr>
      <td align="center"> footer </td> 
   </tr>
 </table>
</body>
</html>

Untuk awal kita buat struktur seperti diatas. terlihat didalam baris sebuah tabel ada sebuah link ref yang mengarahkan ke Content 1 hingga content 2. Dari link tersebut yang nanti menjadi acuan untuk kita dalam memodularitaskan sebuah program. Sekarang kita isi kontent dengan menggunakan fungsi include dan required. Silahkan tambah kode berikut kedalam kontent pada file index.php;


    <tr>
  <td height="500" align="center">
   
   <!-- isi dari kontent -->
   <?php  
    $ref   = isset($_GET['ref'])?$_GET['ref']:null; //dekalarasi variable untuk mendefinisikan method ref
    switch ($ref) {
     case 'content1':
      //menyisipkan content 1
      include("content1.php");
     
      break;
     case 'content2':
      //menyisipkan content 2
      require("content2.php");
      break;

     }
    ?>
  </td>
 </tr>

Pada kode diatas terlihat deklarasi variabel $ref yang mendefinisikan method GET dengan nama ref. kemudian variable tersebut dimasukan kedalam struktur swicth untuk diseleksi sesuai dengan nilai dari method ref tersebut. Ada 2 case content 1 dan content 2, yang berarti jika link menu yang di klik adalah content 1 maka isi dari content 1 akan dijalankan. terlihat fungsi include dan required pada struktur case. jika kita jalankan maka akan jadi seperti ini :



Tampilan diatas terlihat ada error kode. error tersebut disebabkan karna kita belum membuat file dengan nama content1.php dan content2.php. jadi langkah selanjutnya kita buat dulu kedua file tersebut. Buat sebuah file sesuai dengan nama link yang berda pada struktur tersebut. bisa lihat contohnya dibawah :

content1.php
 
<h2> INI ADALAH CONTENT 1 YANG DISISIPKAN </h2>

content2.php
 
<h2> INI ADALAH CONTENT 2 </h2>

Pada file baik conten1.php maupun content2.php, kenapa tidak mengawali struktur dengan syntax HTML?? Tanya Kenapa... hehehe. Itu lah sob kemudahan kita membuat sebuah modularitas pada program yang kita kembangkan. Kita hanya menulis kode program yang kita sisipkan dari file utama tanpa menulis kembali struktur HTML dari awal. Jadi bisa kita bayangkan isi dari file  content1.php ataupun content2.php tersebut masuk kedalam file index.php itu sob. Sehingga kita tidak perlu tuh membuat struktur yang sama untuk file yang berbeda. Sebagai gambaran ketika kontent yang kita sajikan didalam website kita itu ada banyak, Apa mungkin kita terus membuat struktur yang sama, padahal yang hanya kita ubah adalah kontennya tok. kalo saya sih ga mau...cape. hehehe. Oke sekarang kita jalankan Program tersebut . :

Tampilan Saat Pertama kali di Jalankan

content1.php

content2.php

Gambar diatas adalah ketika kita jalankan program dan klik menu content1 dan 2. terlihat aksi yang dijalankan ketika kita klik menu tersebut maka konten akan berubah. Itulah cara mudah kita membuat modularitas program. Sekarang mungkin ada yang muncul di benak pikiran sobat? kira-kira apa yah? Yuppss. Betul sekali sob. Apakah ada perberdaan antara include dengan require, padahal kita tahu fungsi keduanya adalah sama? saya akan berikan contoh ke sobat, agar sobat mengerti perbedaan anatara keduanya. saya akan mecoba membuat kedua file tersebut error. Sehingga bisa lihat gambar dibawah :

Content 1
Content 2

Apakah sobat bisa melihat perbedaan dari kedua gambar diatas?? Yups, betul sekali sob. pada content 1 kita bisa melihat footer, sedangkan pada content 2 footer  hilang. jika kita lihat pada kode diatas pada content 1 kita menggunakan fungsi inlcude dan content 2kita menggunakan fungsi require. Jadi perbedaan antara include dan require, jika kita menggunakan include pada proses penyisipan file, dan terjadi bug/error hanya sebatas Warning saja, dan kita bisa melihat statement berikutnya atau dibawahnya masih bisa dijalankan, terlihat dari statement footer pada content 1. Namun jika kita menggunakan require sebagai penyisipan file, error yang di hasilkan adalah fatal. Sehingga pada statement berikutnya kode tidak bisa dijalankan, dalam hal ini adalah footer.

Oke sob saya rasa cukup untuk penjelasan bagaimana kerja fungsi include dan require dalam konsep modularitas. semoga postingan kali ini bermanfaat, dan jangan lupa koment dibawah sob. dan SALAM BLOGGER.

0 Response to " Belajar PHP : Modularitas Program dengan Fungsi Inlcude() atau Require() Menggunakan PHP "

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar