Tutorial Menarik : Cara membuat blog wordpress di Idhostinger

cara membuat blog
buat blog dengan Mudah di IDHostinger - Setelah kemarin saya posting cara mendaftar layanan hosting gratis di IDHostinger.com. kali ini saya akan share ke sobat semua tentang bagaimana buat blog dengan mudah, cepat, dan pastinya gratis. pada dasarnya web yang nanti akan kita buat menggunakan CMS Wordpress. Apa itu CMS? CMS (Content Managenent System) merupakan  piranti lunak atau software yang memungkinkan kita membangun sebuah Website dengan mudah, cepat tanpa harus cape-cape kita ngoding. jadi untuk mengatur konten yang ada pada CMS ini kita bisa mengelolanya hanya lewat halaman admnistrator websitenya. Wordpress merupakan salah satu CMS yang cukup populer saat ini. disamping mudah digunakan, Wordpress memiliki banyak thema serta plugin yang menarik dan script yang digunakan menggunakan PHP, sehingga user yang memiliki basic pemrograman PHP akan lebih mudah memodifikasi CMS yang satu ini..Kebanyakan dari user penggunaan wordpress dibuat untuk membuat sebiah blog.

sebenarnya tidak hanya CMS worpress saja yang disajikan oleh IDHostinger untuk di install, masih banyak CMS dan Plugin yang di sediakan oleh IDHostinger untuk usernya dalam mengembangkan websitenya itu. oke langsung saja sobat. bagaimana buat blog gratis dengan mudah menggunakan wordpress pada idhostinger? Berikut langkah-langkahnya :

1. Masuk ke akun IDHostinger sobat terlebih dahulu. Masuk ke cpanel.idhostinger.com. sehingga seperti gambar di bawah ini.

cara buat blog

terlihat link tersebut membawa kita ke cpanel IDHostinger. silahkan masukan Email dan password yang sudah sobat daftarkan. disini saya menggunakan akun adik saya.. hehe (*jika belum mendaftar silahkan klik Disini).

2. Setelah sobat login dengan akun IDHostinger sobat. akan langsung ke halaman Beranda Hosting aktif yang sudah sobat angringan buat. sehingga seperti gambar dibawah ini :

membuat blog


pada halaman beranda tersebut scroll kebawah, cari Auto Installer di katori Website. lihat gambar di bawah :

bagaimana cara membuat blog

klik Auto Installer. maka sobat akan direct ke halaman seperti gambar dibawah ini :

cara buat blog

terlihat halaman website application. terdapat berbagai macam aplikasi untuk sobat install disana, baik CMS maupun plugin. karena pada postingan ini kita akan membuat website menggunakan wordpress. maka sobat bisa pilih salah satu dari 2 versi wordpress yang berbeda tersebut. (*dalam hal ini saya menggunakan wordpress versi 4.1).

3. Selanjutnya setelah sobat memilih wordpress tadi. maka soba akan di bawa kehalaman application install :

buat blog

terdapat bebapa form input yang harus di isi sobat diantaranya :
  • Url : pada form ini memungkinkan kita untuk menyimpan didalam direktori subdomain yang telah dibuat. jika sobat belum menambah subdomain maka biarkan form tersebut kosong (karna kita akan mengisi halaman utama pada website kita). 
  • Bahasa : pada form input ini untuk memilih bahasa pada halaman administrator. karna tidak ada bahasa indonesia, kita biarkan saja menggunakan bahasa inggris.
  • User Administrator : Pada form ini digunakan pada saat sobat login ke administrator wordpress dalam mengelola konten website. * perhatikan username, jangan sampe sobat lupa.
  • Password : form ini digunakan sama dengan username, untuk login ke halaman administrator worpress dan perhatikan juga, jangan sampe lupa dengan password sobat.
  • Email : email akan otomatis terisi jadi biarkan saja. ini untuk mengantisipasi sobat ketika dalam proses autentifikasi atau login sobat lupa password atau username. email digunakan untuk mengirim informasi tentang apa yang harus dilakukan.
  • Untuk Judul Webstie dan Tagline saya harap sobat sudah tau lah. jadi saya tidak usah panjang lebar untuk menjelaskannya..hehehe
oke setelah sobat memahami fungsi dari form diatas,, isi dan setelah itu klik install. ketika mengklik install sobat akan akan meihat proses pengisntalan wordpress tersebut :

cara buat blog

Tunggu beberapa menit selama kolom tindakan masih proses. jika padakolom tindakan sobat terlalu lama menunggu (*kaya lagu). refresh saja halaman tersebut sehingga akan seperti gambar dibawah ini :

buat blog

oke dalam hal ini sobat telah menyelasaikan installasi wordpress ke hosting kita.

4. sekarang kita cek apakah WEB yang tadi kita install sudah bisa kita lihat di nama domai kita :

cara membuat blog sendiri


bisa kita lihat ketika kita menulis domain kita di situs bar. yang muncul hello world. itu menandakan bahwa website kita berhasil dibuat. untuk mengatur konten website kita. masuk tulis di situs bar dengan menambahkan /wp-admin (contoh :  oktafebrian.pe.hu/wp-admin). bisa dilihat di gambar :

membuat blog gratis

maka setelah sobat enter akan menuju halaman login administrator :

cara buat blog

setelah itu sobat tulis username dan password sesuai yang tadi sobat akan install WEBnya.. jika sudah diisi klik logi, maka akan muncul halaman administrator yang bisa sobat kelola.

buat blog

Nah silahkan sobat kembangkan lagi dalam mengelola website tersebut lewat halaman admin ini. pada halaman administrator tersebut sobat tidak hanya bisa menulis artikel atau post saja, tetapi sobat bisa juga mengganti thema dan mendownload plugin yang disediakan oleh wordpress tersebut.

Oke sob itulah secuil ilmu yang saya berikan tentang bagaimana cara membuat website dengan mudah lewat IDHostinger. jadi sekarang sobat angkringan sudah bisa buat website sendiri tanpa ngoding dengan domain nama kita sendiri... keren.. hehehe.. semoga postingan kali ini bermanfaat untuk sobat angkringan semua. jangan lupa comment di bawah sob. kritik dan saran selalu akan saya terima dengan lapang dada.. hehehe

Salam blogger  :D


* Belum Punya akun hostinger Klik Artikel Disini
 

6 Responses to " Tutorial Menarik : Cara membuat blog wordpress di Idhostinger "

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar