Tutorial Menarik : cara membuat domain gratis TLD (Top Level Domain) dot TK Terbaru 2015

cara mendapatkan domain gratis
cara membuat domain gratis TLD (Top Level Domain) dot TK - Hallo sobat angkringan. pada kesempatan kali ini saya akan men-share ke soba semua bagaimana cara membuat domain gratis dengan top level domain (dot)tk. nah apa sih itu domain .tk  . Domain berjenis top level domain ini memang sudah tidak asing lagi sob untuk kalangan blogger. domain ini merupakan domain gratis yang sobat bisa miliki hanya dengan mendaftarkannya saja. Apa domain .tk akan gratis selamanya? tentu tidak sob, domain yang di daftarkan pada pertama kali kita mendaftar tidak akan selamanya gratis. Berapa lama kita mendapat gratis pada domain tersebut? ketika kita mendaftar masa free domain .tk yang kita miliki hanya 1(satu) tahun sob, setelah satu tahun sobat akan di kenakan biaya sewa domain pertahunnya. Dimana saya harus mendaftar domain .tk ? Sobat bisa mendaftarkan nama website sobat dengan domain .tk di website resminya yaitu di www.dot.tk.

Memang pada dasarnya ada kelebihan dan kekurangan domain .tk ini. Kelebihan domain .tk ini adalah nama domain yang terbilang sangat pendek bila dibandingkan dengan domain lain seperti domain .com, .net, dll. dengan nama domain .tk akan lebih mudah di ingat orang. Jika ada kelebihan pasti ada juga kekurangan. Kelemahan .tk atau kekurangan .tk adalah dari beberapa artikel yang saya baca .tk ini tidak bersahabat dengan google. artinya domain .tk susah terindeks oleh google. Entah apa alasannya, tapi saya juga merasakan sendiri, memang susah sekali untu saya melihat situs domain .tk si mesin pencari google.

Nah bagaimana langkah-langkah membuat domain .tk yang gratis ini? Disini saya akan memberi sedikit banyangan yang sobat bisa ikuti cara saya mendaftar domain gratis .tk ini. Berikut langkah-langkahnya :


1. Pastikan sobat sudah memiliki email. Karena email ini akan digunakan untuk masuk ke akun penyedia domain dan mengkonfigurasi setelan domain.

2. Setelah sobat memiliki sebuah email masuk masuk ke website http://www.dot.tk/. (Klik linknya untuk menuju ke website tersebut).

3. Berikutnya muncul halaman utama my.dot.tk. langkah selanjutnya sobat tuliskan nama website yang nanti akan dibuat oleh sobat. jika sudah klik tombol GO. bisa lihat gambar dibawah ini.

cara membuat domain gratis

4. Langkah selanjutnya, sobat akan dibawa ke proses selanjutny. silahkan ikuti langkah seperti gambar dibawah ini :

cara membuat domain gratis

cara membuat domain gratis

cara membuat domain gratis

Pada gambar diatas terdapat beberapa form input yang harus kita isi. Pada Perintah use your new domain kita pilih Tab Use DNS, maka tampilan akan seperi gambar diatas. Silahkan tulis Host Name  dengan my.dot.tk seperti gambar, itu hanya contoh. jika nanti sobat akan mengintegrasikan dengan hosting ataupun blogspot, tinggal setting aja nanti setelah mendaftar dan login. Nah selanjutnya terdapat Registration length yang berarti ini batas registrasi domain gratisnya. kita pilih yang paling lama yaitu 12 mounths (bulan).  Selanjutnya ada Type the characters you see in this picture yaitu semacam captcha, silahkan tulis sesuai dengan karakter gambar tersebut, Kemudian klik Sign Up. Jika tidak ada error proses selanjutnya adalah registrasi untuk account domain .tk. Sebenarnya dalam proses registrasi account sobat bisa integrasikan dengan bebrapa akun social media seperti facebook, dll. Karena pada tutorial ini kita mnggunakan email untuk registrasi. maka pilih email address yang berada dibawah icon-icon tersebut. Tulislah email sobat yang sudah sobat buat, kemudian klik Next.

5. Pada proses selanjutnya ketika sobat memasukan email sobat, maka sistem akan mengecek apakah email kita sudah terdaftar di my.dot.tk atau belum.. Pada turorial ini saya anggap belum terdaftar sehingga sobat bisa mengikuti lagkah-langkah registrasi accountnya. Lihat gambar dibawah ini :

cara daftar domain gratis

Silahkan isi form seperti gambar diatas. Untuk Your Name boleh sobat isi dengan nama lengkap atau nama panggilan. Password dan  retype Password is dengan password yang sobat inginkan. Setelah terisi semua silahkan klik Create Account.

6. Setelah kita klik create account, maka akan muncul pesan seperti gambar dibawah ini :

membuat domain gratis

Pesan tersebut menunjukan, kita harus mengaktivasi akun tersebut lewat emai. silahkan buka email sobat masing-masing. dan silahkan untuk mengaktivasi account tersebut dengan memasukan kode aktivasi. sobat bisa lihat gambar di bawah sebagai petunjuk.

kumpulan domain gratis


cara membuat domain

7. Setelah meng-copy paste kode aktivasi tersebut. maka akan muncul pesan sebagai berikut :

cara membuat domain gratis

Pesan tersebut menandakan kita telah selesai mendaftarkan domain yang tadi kita buat. Untuk proses selanjutanya silahkan sobat login dengan klik pada pojok kanan atas. Masukan email dan password yang tadi kita buat. Setelah memasukan email dan password dengan benar, maka secara otomatis akan ter-direct ke web freenom.com... Entah kenapa sekarang untuk pengelolaan domain .tk ini, sekarang melalui freenom.com. Berikut halamannya :

cara membuat domain gratis

Nah dengan demikian kita sudah bisa membuat domain sendiri secara gratis selama satu tahun sob. untuk setting domain agar supaya bisa di integrasikan ke hosting ataupun blogger bisa ke menu DOMAINS kemudaian pilih MANAGE DOMAIN. Setelah itu silahkan sobat setting Baik name server ataupun DNS dari domain tersebut.

Itulah tadi sedikit saya share bagaimana cara membuat domain TLD (top level domain). semoga bermanfaat sob, dan sobat bisa mengerti cara membuat domain ini. Silahkan boleh share ke teman-teman lainnya. dan kalau sobat ingin re-publish ijin dulu ya sob. Jangan main nyolong aje.. hehehe..  Silahkan berkomentar. @SALAM_BLOGGER.

1 Response to " Tutorial Menarik : cara membuat domain gratis TLD (Top Level Domain) dot TK Terbaru 2015 "

  1. ijin menyimak gan,, thanks buat infonya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar